Business is Very Important and Useful


Bisnis? Apa itu bisnis? Bisakah Anda mendefinisikan kata bisnis? Sering kali kita dengar kata bisnis namun sulit untuk mengartikan apa itu bisnis.

Menurut Wikipedia.com, “Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba”. Kalau menurut saya bisnis tidak hanya dilakukan oleh organisasi, namun juga bisa dilakukan oleh perorangan. Biasanya didalam kehidupan, bisnis perorangan itu disebut “bisnis kecil-kecilan”. Dari bisnis kecil-kecilan kita dapat memperoleh keuntungan untuk membuat bisnis besar-besaran yang dapat melahirkan suatu hubungan sosial dan sebuah organisasi.

Seberapa besar peran bisnis tersebut berpengaruh dalam kehidupanmu?

Bagi kehidupan saya, bisnis sangatlah penting dan berpengaruh. Karena dengan bisnis saya mendapatkan pelajaran yang cukup banyak. Jika saya berbisnis maka saya akan memiliki sikap dewasa. Kita harus bisa bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan. Contohnya seperti disaat usaha kita sedang sepi pembeli, kita harus segera mengambil keputusan untuk merubah keadaan. Kita harus ambil langkah yang cepat dan tepat dengan membuat barang atau jasa yang kita jual menjadi lebih baik dalam kualitas dan pelayanannya atau bisa juga memasarkan dengan promo yang sudah direncanakan. Semua ini salah satu bentuk tanggung jawab atas usaha kita supaya tidak menjadi gulung tikar. Kita pun juga diuji kesabaran jika ada pembeli yang complain. Kita tidak boleh terbawa emosi. Kita tetap harus sabar menerima complain atau masukan dari pelanggan. Karena complain atau masukan dari pelanggan bisa memotivasi kita untuk menjadi yang lebih baik dari sebelumnya. Dari contoh ini saja kita sudah mendapat pembelajaran tanggung jawab dan menjadi orang yang sabar.

Saat memiliki suatu usaha yang dibantu dengan orang lain. Kita pun secara otomatis menjadi pemimpin diusaha kita. Pembelajaran dan pengalaman menjadi bertambah. Kita harus bisa menguasai diri sendiri serta mampu mengarahkan atau mengatur para rekan usaha. Disamping itu, kita telah membuat organisasi baru dan harus dijaga dengan baik agar hasilnya pun baik.

Sejak SMK saya sudah mulai tertanam kemampuan untuk melakukan usaha atau berbisnis. Karena itu saya bisa berbicara seperti pada pembicaraan diatas. Sering kali di SMK saya diberi pembelajaran tentang kewirausahaan. Saya mendapatkan motivasi untuk memulai bisnis, saya juga sudah mulai memiliki angan-angan untuk jadi pengusaha. Suatu ketika, guru saya pernah memberi tugas praktik untuk berjualan makanan kecil dan sembako seperti tepung, gula, garam, minyak goreng, kecap, saos, dll. Semua itu untuk ditawarkan kepada tetangga di rumah. Saya pun harus pintar untuk mengatur biaya. Harus pintar membeli barang dengan harga murah dan dijual dengan keuntungan yang normal. Saya juga harus pintar menawarkan barang yang saya jual kepada pembeli.

Selain itu saya juga pernah berjualan makanan kecil di sekolah dengan teman dekat saya. Rasanya sangat menyenangkan. Kita bisa akrab kepada banyak orang, yang menghasilkan saya dan teman saya menjadi dikenal banyak orang. Kita pun bisa belajar berkomunikasi dengan baik kepada pelanggan atau pembeli. Dan pastinya kita mendapatkan keuntungan yang sangat lumayan untuk pelajar seperti saya pada saat itu. Sangat bahagia dapat memiliki uang hasil jerih payah sendiri. Rasanya sungguh beda menikmati uang milik sendiri dengan uang yang diberikan oleh kedua orangtua.

Lalu dengan bisnis orang lain, kita sebagai karyawan bisa mendapatkan uang untuk dikumpulkan sebagai tabungan untuk memulai bisnis. Hari semakin hari mimpi saya mulai bertambah. Saya sering menonton acara televisi yang berjudul “Bosan jadi pegawai”. Banyak pengusaha sukses yang membuat saya sangat iri dan ingin menjadi seperti mereka. Saya ingin membahagiakan kedua orangtua saya. Membiayai segala macam kebutuhan yang belum terpenuhi.

Akhirnya saya mulai bermimpi untuk kesekian kalinya. Saya sangat ingin membuat café yang tempatnya sangat nyaman untuk berbagai kalangan. Menu makanan di café saya nanti itu seperti pizza, burger, sandwich, spaghetti, dll. Suksesnya dalam berbisnis harus diawali dengan mimpi. Maka saya tetap berpikir positif walau saat ini saya hanya baru bisa bermimpi.

Saat ini saya sedang kuliah dan tidak menutup kemungkinan untuk berbisnis. Walau mimpi saya tertunda untuk sementara. Saya ingin tetap berbisnis seperti berjualan pulsa atau pakaian wanita ala korea yang saat ini k-popers sangat banyak di Indonesia. Bisnis yang sukses harus dimulai dari bawah. Tidak mungkin langsung sukses seperti apa yang kita inginkan. Saya harus pantang menyerah untuk meraih mimpi saya. Maka dari itulah bisnis sangatlah penting bagi kehidupan saya, untuk membahagiakan diri sendiri dan orang lain.

Categories: Sharing Knowledge, Story, Story and Story | Tags: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Blog di WordPress.com.

