Hitam Manis?? Yes, it’s me.


Siapa aku? Aku ya aku. Aku adalah seorang perempuan yang saat ini berusia 17 tahun. Aku terlahir dari kedua orang tua keturunan jawa. Aku dilahirkan di Cilandak Jakarta Selatan pada tanggal 24 April 1995, disaat orangtuaku tinggal di Depok.  Aku tinggal di Ciangsana Bogor.  Aku sering kali bingung kalau ditanya “anak mana?” atau “asli mana?” atau “orang mana?”. Kalau aku bilang orang jawa, aku tidak bisa berbahasa jawa. Tetapi mukaku sangat cocok jadi orang jawa. Lalu kalau aku bilang orang bogor, aku tidak tahu daerah bogor. Pergi ke kebun raya bogor saja belum pernah dan naik kereta terakhir kelas 1 SMP saat pulang ke kampung ayah di Kebumen. Karena aku sering naik angkutan umum atau motor pribadi, teman-teman sering bilang “kenapa tidak naik kereta?” atau “pulangnya naik kereta saja”. Dan aku bilang “mau turun distasiun apa kalo naik kereta? Ditempatku tinggal tidak ada kereta”. Ya beginilah nasib tinggal di perbatasan antara Bogor – Jakarta – Bekasi dan bersekolah ditempat yang jauh dari rumah.

Sejak kecil aku dipanggil dengan nama shelly. Begitu SMP sering kali teman-temanku bernyanyi “shelly kau selalu sendiri sampai kapanpun sendiri”. Itu lagu peterpan yang berjudul sally sendiri. Lalu tidak cuma itu. Aku juga dipanggil dengan sebutan “coklut” paannnnjang coklatnya. Coklut itu sejenis makanan ringan yang berlapiskan coklat dan bentuknya panjang.  Aku dipanggil seperti itu karena badan aku tinggi dan aku berkulit sawo matang ya kalo aku bilang sih lebih tepatnya hitam manis saja ya? Sawo matang tidak enak dibaca dan didengar bagiku. Aku terima-terima saja dipanggil seperti itu. Justru aku senang memiliki panggilan spesial. Lalu saat di SMK teman-temanku menyebutkan kalo aku itu eksotis seperti Rihanna. So waw! Dari panggilan-panggilan spesial itu, dapat disimpulkan kalau aku hitam manis. Maka aku beri judul tulisan ini “Hitam Manis?? Yes, it’s me.”🙂

Aku ini termasuk orang yang pendiam. Namun, sahabatku sangat tidak terima kalau aku itu dibilang pendiam. Dia justru mengejekku “cerewet kaya ibu tiri” tidak ada diam-diamnya. Jadi bukan pendiam, kata dia aku suka nyanyi-nyanyi tidak jelas, “rame dan seru”. Ya begitulah aku. Aku bersikap berbeda-beda terhadap lain orang. Sikapku ke A dan ke B pasti berbeda. Aku tidak tahu perilaku aku itu baik atau buruk. Yang jelas, itulah sifat dan sikap asliku.

Aku memiliki hobi membaca cerpen dan novel. Namun aku lebih suka cerpen dibandingkan novel karena aku cepat bosan, jadi kalau membaca novel hanya sedikit-sedikit sehingga lama selesai membacanya.  Aku juga suka bercerita, aku sering menuliskan cerita dibuku pribadiku dan diblog. Hobi lainnya aku suka memberi hadiah ulang tahun yang kreatif buatan aku sendiri. Mulai dari buatan tangan sendiri hingga memakai suatu software. Mulai dari yang kecil sampai yang sebesar karton hanya untuk ucapan ulang tahun.

Selama aku hidup, aku selalu mencoba untuk tenang dan tersenyum walau banyak masalah yang datang. Sering kali aku menangis namun itu semua tidak merubah keadaan. Dan kini aku tersadar, dengan banyaknya masalah yang datang itu membuat aku semakin sabar dan semakin kuat. Aku sering melihat ke bawah untuk menyadari bahwa aku bukanlah seseorang yang paling buruk dan tidak beruntung, dan aku melihat ke atas untuk memberiku semangat bahwa aku harus terus maju agar dapat membahagiakan kedua orangtuaku.  Aku banyak mendapatkan pelajaran dari orang yang berada dibawah dan diatasku. Aku akan memanfaatkan hidupku agar tidak sia-sia.

Sejujurnya aku masih ingin banyak bercerita tentang diriku. Aku ingin men-sharing tentang nilai kehidupan yang sudah aku dapatkan. Namun, aku berpikir lain “Kasian yang baca nanti bosen dan pusing kalo kebanyakan cerita”. Mungkin dilain waktu aku akan share dipostingan selanjutnya. Sekian dan terima kasih🙂

Nama : Reni Apri Shellyana

NPM  : 26212127

Kelas : 1EB03

Categories: Story, Story and Story | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Blog di WordPress.com.

