Kasus Gembira Loka Zoo mengalami Manajemen Krisis akibat Gempa Bumi


Sebelum masuk pada kasus Gembira Loka Zoo, apa sih manajemen krisis itu?

Manajemen krisis adalah respon pertama perusahaan terhadap sebuah kejadian yang dapat merubah jalannya operasi bisnis yang telah berjalan normal. Artinya terjadi gangguan pada proses bisnis ‘normal’ yang menyebabkan perusahaan mengalami kesulitan untuk mengoptimalkan fungsi-fungsi yang ada, dan dengan demikian dapat dikategorikan sebagai krisis.


Kejadian buruk dan krisis yang melanda dunia bisnis dapat mengambil beragam bentuk. Mulai dari bencana alam seperti Tsunami, musibah teknologi (kebakaran, kebocoran zat-zat berbahaya) sampai kepada karyawan yang mogok kerja. Segala kejadian buruk dan krisis, berpotensi menghentikan proses normal bisnis yang telah dan sedang berjalan, membutuhkan penanganan yang segera (immediate) dari pihak manajemen. Penanganan yang segera ini kita kenal sebagai manajemen krisis (crisis management).
Saat ini, manajemen krisis dinobatkan sebagai new corporate discipline. Manajemen krisis adalah respon pertama perusahaan terhadap sebuah kejadian yang dapat merubah jalannya operasi bisnis yang telah berjalan normal. Pendekatan yang dikelola dengan baik sebagai respon terhadap kejadian itu terbukti secara signifikan sangat membantu meyakinkan para pekerja, pelanggan, mitra, investor, dan masyarakat luas akan kemampuan organisasi melewati masa krisis.

Aspek dalam Penyusunan Rencana Bisnis
Setidaknya terdapat enam aspek yang mesti kita perhatikan jika kita ingin menyusun rencana bisnis yang lengkap. Yaitu tindakan untuk menghadapi :
1. Situasi darurat (emergency response),
2. Skenario untuk pemulihan dari bencana (disaster recovery),
3. Skenario untuk pemulihan bisnis (business recovery),
4. Strategi untuk memulai bisnis kembali (business resumption),
5. Menyusun rencana-rencana kemungkinan (contingency planning), dan
6. Manajemen krisis (crisis management).

Nah, kali ini saya akan memberikan contoh kasus perusahaan yang mengalami manajemen krisis yang disebabkan oleh bencana alam yaitu PT Buana Alam Tirta atau Gembira Loka Zoo yang merupakan kebun binatang di Yogyakarta.

Bencana alam merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan krisis untuk sebuah instansi atau perusahaan. Salah satu bencana hebat terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu bencana Gunung Merapi pada tahun 2010. Berbagai media banyak yang memberitakan mengenai meletusnya Gunung Merapi tahun 2010 yang letusannya lebih dahsyat dibandingkan dengan letusan-letusan sebelumnya.

Dengan adanya pemberitaan mengenai keadaan Yogyakarta, tak pelak menjadikan masyarakat yang ingin berwisata menjadi khawatir. Hal ini sempat menyebakan terjadinya penurunan jumlah pengunjung di beberapa tempat wisata di Yogyakarta.

Gembira Loka Zoo yang merupakan salah satu sektor pariwisata Yogyakarta yang juga merasakan krisis akibat bencana alam ini pada saat tahun 2010. Salah satu tempat wisata andalan yang berlokasi di Jalan Kebun Raya Nomor 2 Yogyakarta 55171, sempat mengalami penurunan jumlah pengunjung.

Erupsi merapi yang terjadi pada bulan September hingga Oktober ini sedikitnya memang berdampak bagi Gembira Loka Zoo. Pada bulan September 2010 jumlah pengunjung Gembira Loka Zoo mencapai angka 136.205 orang. Di bulan Oktober dimana erupsi masih terjadi jumlah pengunjung menurun hingga 53.238 orang. Walaupun erupsi merapi sudah mereda namun efek yang ditimbulkan masih berdampak. Hal ini terlihat dengan semakin menurunnya jumlah pengunjung hingga 19.967 jiwa. Baru di bulan Desember, usaha pengembalian citra yang dilakukan Gembira Loka Zoo membuahkan hasil. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pengunjung hingga 88.732 jiwa dan tetap dipertahankan hingga awal tahun 2011.

Melihat data tersebut, dapat terlihat adanya usaha pemulihan yang dilakukan oleh pihak Gembira Loka Zoo. Hal ini lebih terlihat dalam perbandingan jumlah pengunjung pada tahun 2010 dengan tahun 2011. Pada tahun 2010 jumlah pengunjung yang datang sebanyak 888.376 orang. Sedangkan pada tahun 2011 pengunjung yang datang ke Gembira Loka Zoo meningkat menjadi 1.198.800 orang.

Analisis :

Meningkatnya jumlah pengunjung di tahun 2011 menandakan adanya upaya pemulihan dari pihak Gembira Loka Zoo. Dalam hal ini Divisi Public Relations (PR) atau Humas tentunya sangat memberi andil besar dalam usaha penanggulangan krisis. Krisis sebenarnya dialami oleh setiap perusahaan. Namun sebuah krisis dapat menjadi peluang jika disikapi dengan benar yaitu dengan persiapan yang matang dan peningkatan kemampuan staf. Dalam setiap penanganan krisis, organisasi perlu membentuk tim khusus.  Tugas utama tim manajemen krisis ini terutama adalah mendukung para karyawan organisai/perusahaan selama masa krisis terjadi. Humas Gembira Loka Zoo sangat berpengaruh pada setiap pengambilan keputusan dalam upayanya dan juga menjalankan perannya sebagai teknisi maupun perannya sebagai manajer. Sebagai teknisi, Humas Gembira Loka Zoo selalu melakukan kontak dengan media massa guna memberikan informasi mengenai Gembira Loka Zoo dengan tujuan publikasi agar krisis yang terjadi cepat terselesaikan. Selain itu Humas Gembira Loka Zoo juga melakukan event-event spesial seperti mengundang anak-anak korban bencana alam Erupsi Gunung Merapi untuk berkunjung ke Gembira Loka Zoo. Sebagai manajer, Humas juga membantuk kegiatan-kegiatan organisasi dalam mengindentifikasi dan memecahkan masalah maka Gembira Loka Zoo dapat menangani manajemen krisis yang telah terjadi.

 

Sumber dan Referensi :

http://evilucuw.blogspot.co.id/2011/01/manajemen-krisis.html

http://digilib.uin-suka.ac.id/7867/1/BAB%20I,%20V,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

https://amrisyarf.wordpress.com/2011/05/20/media-dan-krisis-perencanaan-manajemen-krisis-dengan-pendekatan-manajemen-strategis/

http://www.jakartaconsulting.com/publications/articles/organization-development/manajemen-krisis

 

Categories: School Lessons, Sharing Knowledge | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: